Monday, February 7, 2011

BELAJAR MERAKYAT

hari minggu tanggal 6 februari, gw mendapat suatu pelajaran yang berharga.
jadi ceritanya begini. as you know lah kalo libur gue selalu tidur dini hari, yah sekitar jam 2 pagi. alhasil gw baru bangun jam 9 pagi. eh nggak ding, sebelumnya gue udah kebangun jam 7 pagi gara-gara mbak prapti (fyi, ini prapti nama pembantu di rumah eyang gw loh, bukan prapti nama guru antropologi/sejarah di skolah gw #ampunbu) teriak-teriak bangunin om gue, katanya eyang papi jatuh. ya maklumlah namanya juga masih setengah sadar, jadi gue agak ga peduli dengan insiden itu dan melanjutkan tidur #cucudurhaka
jam 9 pagi gue baru bener-bener melek. ga juga sih sebenernya, tapi karena gue ditawarin makan bubur, jadi ya gw bangun beneran. buburnya biasa aja sih menurut gue, tapi karena itu bubur langganan om gue dan gue dibayarin jadi ya gue ga nolak :-p
nah abis makan bubur, tiba-tiba datanglah tante gue dan dia ngajak gue ikut nganterin mbak prapti ke stasiun. ceritanya mbak prapti ini mau berhenti kerja. nah, karena biasanya gue mandi cuma sehari sekali di hari libur, bahkan kadang ga mandi #upsketauan jadi gw berangkat hanya bermodalkan sikat gigi, cuci muka, dan ganti baju. lalu kita cao dari rumah menuju stasiun senen dengan nebeng metromini 03. for your information, gue baru menyadari ke-eksis-an angkot ini, haha. kami naik metromini dari bypass ke stasiun senen dan cuma mengeluarkan ongkos Rp. 2000/org *murah kan? pelajar cuma seribu loh btw*
sesampainya di stasiun senen, gue lumayan agak shock. maklumlah biasanya maenan gw ke stasiun gambir cing #sombong. jadi teman, menurut pandangan gw sih, bukannya gw nyombong, stasiun senen ini memang diperuntukkan untuk masyarakat kelas bawah. diliat dari segi tempat aja kita udah bisa mengambil kesimpulan begitu. kami pun pergi ke tempat pembelian tiket aka loket. begitu gw liat tiketnya, anjir, naek kereta ke jawa *gw lupa nama daerahnya* harganya cuma Rp. 31.500,-..TIGA PULUH RIBUAN MEENNN!! jomplang abis sama harga tiket kakak gw yang ke jogjakarta 300 rebu! ya tapi fasilitasnya sendiri juga beda. keretanya mbak prapti ini ga ada tempat duduknya, jadi bayangin aja dia harus berdiri selama 8 jam! kalo ga mau berdiri paling ngemper di lantai. karena tempat duduk aja ga ada, jadi bisa dipastikan ga ada AC, paling banter kipas angin mungkin. tapi walau begitu, mbak prapti udah bersyukur karena dibayarin tiket pulang sama tante gue, setidaknya doi bisa ketemu keluarganya. kalo gue mah pasti bakal nolak mentah-mentah kalo disuruh naek kereta begituan. gue jadi salut sama mbak prapti *duh jadi pingin nangis*. sekilas tentang mbak prapti nih, ternyata umurnya 24 tahun dan dia cuma lulusan SMP. gue bahkan shock waktu dia shock ngeliat gw ngutak-ngatik laptop.
setelah nganterin mbak prapti, gue sama tante gue pun menyusuri jalan di senen dimana banyak sekali tukang jualan dan kaum papa. gue sedih ngeliat mereka, duduk di jalanan dengan baju yang udah usang, ga tau hari ini mau makan apa atau bahkan ga tau hari ini bisa makan atau nggak. inilah yang disebut sebagai kesenjangan sosial. kadang gue meringis kalo gue sama temen-temen gue jalan-jalan ke GI atau mall mewah lainnya dan ngeliat orang-orang kaya shopping beli banyak baju yang satu bajunya aja bisa seharga ratusan ribu, sedangkan kalo gue pergi ke daerah senen, gue ngeliat orang-orang di sana ngais-ngais sampah, jualan tissue, ngamen, dan lain-lain, demi uang seribu rupiah. dan yang bikin gue tambah sedih adalah gw ga bisa berbuat apa-apa untuk mereka, cuma bisa memperhatikan mereka dan merasa kasian. that's all. gw jadi merasa berdosa karena gw jarang merasa puas dengan apa yang gw miliki. dari pengalaman di daerah senen ini, gw belajar untuk bersyukur, karena walaupun *menurut gue* hidup gw pas-pasan, setidaknya gw masih punya keluarga yang sayang sama gue, masih punya rumah buat tempat berlindung, masih bisa makan 3x sehari *bahkan lebih*, masih bisa sekolah, dan terutama gw masih punya Tuhan yang selalu mencintai dan mencukupi kebutuhan gw.

God gives us everything we need, not everything we want
jadi bersyukurlah dengan segala kelebihan dan kekurangan yang kalian punya. ingat di luar sana masih banyak orang yang kurang beruntung daripada kita. lihatlah ke bawah jangan lihat ke atas, maka kita akan merasakan betapa beruntungnya kita dan betapa indah kehidupan yang kita jalani :-)

No comments:

Post a Comment